Ngeblog itu Gimana Sih ? (Tulisan Kecil Untuk Yang Baru Mulai Blogging)

imam
Belajar Blog

Jujur saja, saya ini bukanlah seorang blogger yang punya banyak ilmu mengenai blog, jadi kalau ditanya mengenai teknik menulis, copywriting, apalagi SEO saya ini minim pengetahuan mengenai hal itu. Dalam ngeblog biasanya saya hanya mengandalkan insting saya, dan walaupun sering kumpul dengan teman-teman dari blogger banua entah kenapa ilmunya malah mental kesana kemari.

Namun terkadang ada saja beberapa teman yang baru mulai bikin blog bertanya ke saya dengan pertanyaannya yang kurang lebih sama

“imam, gimana cara bikin blog ?”

“mam, blog aku harus diapain lagi ?”

Dan berbagai pertanyaan lain yang sering di berikan oleh teman-teman yang ingin membuat blog, karena itulah dalam tulisan ini saya ingin berbagi sedikit untuk kalian yang baru memulai bikin blog, buat yang baru mulai ya, kalau yang udah master mending di skip postingan saya yang ini.

Kalau sekedar bikinnya sih gampang, tinggal buka blogger.com atau wordpress.com lalu daftar dan ikuti step-step selanjutnya. tapi yang biasa jadi pertanyaan adalah isi atau konten dari blog itu sendiri. Sebelumnya mungkin kalian sudah membaca postingan saya yang berjudul :


-

-

-

-

-

Sudah baca ? kalau sudah, seperti yang saya jelaskan pada postingan tersebut, karena blog itu adalah diri kalian sendiri jadi ada baiknya kalian memulai blog dengan menulis apa saja yang kalian sukai atau yang kalian kuasai, atau mungkin hal yang ingin kalian sharing kepada para pengunjung blog kalian.

Misalkan jika kalian seorang guru, kalian mungkin bisa berbagi teknik mengajar yang kalian lakukan disekolah, jika kalian seorang ahli hukum kalian bisa saja berbagi bagaimana cara mengalahkan pengacaranya jessica, atau jika kalian seorang pengangguran kalian bisa sharing bagaimana agar bisa fokus menjadi pengangguran, hehe. Intinya tulislah apa yang kalian sukai atau kalian kuasai.

Dalam pemilihan template sebaiknya pilihlah template yang tidak terlalu berat namun tetap elegan (ini versi saya ya), pilih saja sesuai selera kalian, karena sekali lagi Blog is Your Self, yang penting jangan ditambahkan efek-efek aneh seperti salju, hujan, apalagi meteor, karena selain menambah berat blog pengunjung biasanya juga terganggu. Jika ingin memasang musik sebaiknya sediakan tombol pause, walaupun yang saya tahu sebagian besar blogger kurang suka dengan adanya musik otomatis yang menyala ketika membuka sebuah blog.

Untuk posting sebaiknya kalian posting blog kalian secara terjadwal, jangan seperti blog saya yang postingnya mengikuti kata hati. Misalkan posting satu minggu sekali atau 2 hari sekali, atau sehari sekali jika sanggup. Jangan lupa untuk posting sebaiknya jangan copas karena mbah google kurang suka dengan artikel copas.

Satu lagi, jangan lupa tambahkan about me/tentang saya agar pengunjung tahu siapa sih yang punya blog, dan contact me/kontak saya, mungkin saja nanti ada undangan untuk blogger didaerah kalian, atau mungkin ada tawaran buat pasang iklan di blog kalian, lumayan buat nambah uang jajan.

Selain itu kalian bisa mencoba 30 day blog challenge atau 30 day writing challenge yang bertebaran di internet, lumayan bisa mengasah kemampuan blogging kalian.

Dan terakhir, jangan lupa bergabung di komunitas blogger daerah kalian, karena pasti banyak ilmu yang didapatkan ketika kumpul bersama mereka, ikuti juga grup-grup blogger di facebook, untuk tutorial blog sangat banyak bertebaran di internet jadi mungkin saya tidak perlu menjelaskannya disini.

Yang Punya Blog

imam / Author & Editor

Pria asal Banjarmasin, sebuah kota berjuluk Seribu Sungai || Memiliki hobi Membaca, Mendengarkan Musik dan Nonton film kekinian || email : catatansimpel@gmail.com

1 komentar:

Powered by Blogger.