30DWC itu , , , , ,

imam
30 Day Writing Challenge, 30DWC, #30DWC


Barangkali kalian yang hobi nulis, belajar nulis, ataupun seorang blogger pernah mendengar istilah 30DWC. Kalau belum tahu, 30DWC merupakan singkatan dari 30 Day Writing Challenge (bukan 30 menit Di dalam WC, itu kelamaan :D), jadi 30DWC adalah tantangan menulis setiap hari selama 30 hari. Mengenai 30DWC saya pernah menyinggungnya sedikit pada postingan


Untuk pemilihan tema yang saya ketahui ada 2, yang pertama adalah temanya bisa kita cari sendiri, jadi kita menulis sesuai dengan apa yang kita inginkan, kemudian cara yang kedua adalah temanya bisa kita cari melalui internet, kalau mau cara yang kedua, kalian bisa langsung ketik 30 Day Writing Challenge di google image. Kalau saya disuruh memilih yang mana, tentu saya akan memilih opsi kedua, karena lebih mudah, mencari inspirasi bagi saya bukan hal gampang.

Saya sempat iseng mengetikkan 30DWC di google pencarian Indonesia, rupanya tantangan 30DWC benar-benar tidak mudah, dalam sebuah tulisan blog saya sempat membaca dari puluhan peserta yang tergabung dalam 30DWC, satu-persatu tumbang, dan hanya beberapa orang yang bertahan.

Saya sendiri ?

Saya sudah pernah mencoba tantangan ini sebelumnya, 2 kali mencoba hasilnya gagal keduanya (harap maklum), dan ya, untuk saya benar-benar tidak mudah, yang pertama saya hanya bertahan selama 4 hari, tapi yang kedua kalinya saya berhasil bertahan lebih lama, yaitu 7 hari :D.

Tapi jangan samakan 30DWC dengan tulisan status di beranda sosmed kalian, mentang-mentang sama-sama menulis, tentu berbeda antara 30DWC dengan menulis status di beranda kalian, dalam 30DWC kita dituntut menulis sebuah cerita atau artikel, sudah banyak blogger yang mempraktekannya. Menurut mereka-mereka yang sudah sepuh dengan dunia ini, 30DWC dapat membentuk pondasi dasar menulis, bisa dibilang dengan 30DWC gaya khas menulis kita jadi lebih kelihatan, jangan tanya gaya menulis saya seperti apa, saya sendiri belum menyelesaikan tantangannya.

Jika kalian ingin melihat bagaimana para pejuang 30DWC kalian bisa cek melalui google atau sosmed yang kalian miliki, Selain itu sudah ada grup-grup yang menampung para pejuang 30DWC kalian tinggal search saja.

Yang Punya Blog

imam / Author & Editor

Pria asal Banjarmasin, sebuah kota berjuluk Seribu Sungai || Memiliki hobi Membaca, Mendengarkan Musik dan Nonton film kekinian || email : catatansimpel@gmail.com

3 komentar:

  1. beberapa tahun lalu pernah menantang diri sendiri untuk tetap ngeblog sebulan penuh, tiap hari harus post artikel. berhasil sih, selama 30 hari tidak pernah bolong.
    tapi...selain memang berat, rasanya juga tidak nyaman. ada beberapa artikel yang pokoknya asal bikin aja, asal bisa post dan kualitasnya gak bagus (menurut saya).

    ya sudah, akhirnya setelah itu berhenti deh hihihi
    mending post beberapa kali seminggu aja, yang penting kualitasnya bisa saya pegang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren bang, saya setuju

      setelah saya rasakan sendiri 30dwc, ternyata ini bermanfaat sekali untuk yang baru mulai menulis, soalnya agak memancing biar terbiasa, kalau seperti bang daeng yang sudah sepuh bin jago kelihatannya gak perlu lagi tantangan sepertiini

      Delete
  2. anda bisa merubah kondisi ekonomi anda dengan main slot online, kunjungi website kami di https://wehangfire.com/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.