Hal-Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Ketika Memilih Travel Partner

imam
Memang nggak bisa dipungkiri kalau setiap orang memiliki ciri khas nya sendiri ketika sedang travelling. Ada yang suka travelling ramai-ramai bersama keluarga, ada yang suka travelling bersama dengan teman segeng, hingga ada juga yang suka travelling sendirian dengan menggunakan tiket pesawat internasional online.

Apapun gaya travelling kamu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta memiliki banyak hal yang harus dipertimbangkan. Apalagi kalau kamu lebih suka travelling bersama teman daripada travelling sendirian. Kamu harus super selektif nih dalam memilih travel partner.

Tentu kamu nggak mau kan kalau reservasi tiket Lufthansa kamu jadi berantakan dan nggak berkesan sama sekali karena kamu dan travel partner kamu sering cekcok. Duh, jangan sampai deh! Yuk simak hal-hal berikut ini yang bisa kamu pertimbangkan supaya bisa pergi liburan dengan travel partner yang tepat.

Tentukan budget

dana liburan

 
Dibandingkan dengan hal lain, ini merupakan hal yang paling penting nih gengs. Apalagi kalau kalian berencana untuk travelling ke luar negeri dengan menggunakan tiket pesawat internasional online, kalian harus sangat terbuka nih soal budget selama travelling nanti. Ada baiknya kamu memilih travel partner yang memiliki gaya travelling yang sama dengan kamu, dalam arti kalau kamu merupakan tipe traveller yang lebih suka menginap di hostel maka kamu harus pastikan teman kamu juga seperti itu ya.

Jangan sampai kamu lebih nyaman tinggal di hostel sedangkan teman kamu lebih suka tinggal di hotel berbintang. Bisa-bisa budget kamu untuk travelling malah habis untuk biaya hotel. Nggak lucu kan kalau kamu nggak bisa mengunjungi tempat yang kamu mau hanya karena budget kamu sudah habis duluan dan teman kamu juga nggak mau mengerti keadaan finansial kamu?

Selain biaya hotel yang biasanya cukup krusial, biaya makan juga krusial loh karena setiap orang tentu memiliki referensi tempat makan yang berbeda-beda. Ada traveller yang nggak masalah makan di pedagang kaki lima sedangkan ada traveller yang sukanya cuman makan di restoran berbintang.

Minat ketika travelling. Sebelum kalian melakukan reservasi  tiket Lufthansa, sebaiknya kalian memastikan hal ini terlebih dulu ya. Biasanya hal ini akan berdampak pada destinasi travelling kalian. Kalau kamu merupakan tipe traveller yang suka dengan alam pasti kamu bakalan lebih memilih destinasi yang memiliki banyak wisata alam. Tapi sebaliknya kalau travel partner kamu merupakan anak kota banget yang sehari aja nggak bisa ke mall, maka bisa aja hal ini menjadi masalah buat kamu kan?

Kalau kamu belum menemukan travel partner yang tepat namun tanggal keberangkatan trip kamu sebentar lagi, sebaiknya kamu mengambil jalur tengah aja kecuali kalau kamu nggak masalah untuk travelling sendirian. Misalnya kamu nggak menemani teman kamu ketika dia sedang mau belanja di mall dan lebih memilih untuk me time di kafe setempat, itu nggak apa-apa kok!

Setiap orang tentu memiliki cara travelling yang berbeda-beda kan? Jangan sampai karena kalian nggak bisa mendiskusikan hal ini dengan baik, tiket pesawat internasional online kalian jadi sia-sia ya.

Perencanaan ketika travelling

rencana liburan

Hal ini nih yang biasanya sering nggak menjadi perhatian kamu ketika mencari travel partner padahal hal ini nggak kalah penting nya loh dengan dua hal di atas. Mengapa hal ini penting? Karena kalau kalian nggak mendiskusikan hal ini dari awal bisa-bisa trip kalian jadi berantakan dan berantem sepanjang jalan loh. Kalau kamu termasuk jenis traveller yang mana nih gengs?

Kamu lebih suka bersikap spontan dan mengikuti itinerary travelling seadanya dengan tiket pesawat internasional online kamu atau lebih suka membuat itinerary yang super lengkap ketika travelling nih? Kalau kamu merupakan tipe traveller yang spontan namun travel partner kamu merupakan tipe traveller yang penuh dengan perencanaan, sebaiknya kamu memastikan dia nggak keberatan ya kalau kamu menyerahkan soal semua itinerary ke dia.

Tapi ada baiknya juga loh bagi kamu untuk bisa belajar menyusun itinerary yang lengkap ketika travelling karena nggak ada salahnya kan kamu travelling dengan jadwal yang sudah tersusun? Bayangkan kalau kamu sedang travelling sendirian dan nggak memiliki itinerary yang jelas atau bahkan kamu nggak mencari tahu dulu mengenai destinasi yang mau kamu tuju dan langsung datang ke sana. Bisa-bisa kamu di sana merasa kebingungan tentang hal apa yang harus kamu lakukan dan tempat mana yang harus kamu tuju.

Apalagi kalau kamu sepenuhnya mengandalkan internet ketika travelling dan provider kamu nggak memiliki sinyal sama sekali di sana? Sebaiknya kamu mencoba untuk mencatat di notebook kecil ya semua hal yang mau kamu lakukan dan tempat apa saja yang mau kamu tuju supaya trip kamu nggak berantakan meskipun nanti akhirnya kamu berangkat sendirian!

Yang Punya Blog

imam / Author & Editor

Pria asal Banjarmasin, sebuah kota berjuluk Seribu Sungai || Memiliki hobi Membaca, Mendengarkan Musik dan Nonton film kekinian || email : catatansimpel@gmail.com

1 komentar:

  1. oo.. iya bener2. kudu dialog dan tahu kesukaan masing2 ya sebelum jalan :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.