Lama Ditunggu Pecinta Kuliner, HokBen Akhirnya Hadir di Kota Seribu Sungai

imam

Bagi pencinta kuliner terutama di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya saya punya pengumuman penting, karena dari tanggal 10 Maret 2023 HokBen Hadir di Kota Banjarmasin. Jadi bagi kalian yang suka kuliner, dengan makanan lezat sekaligus menyehatkan, dan pastinya sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI, HokBen merupakan salah satu pilihan tepat bagi kalian.

Jadi beberapa hari sebelum acara Pembukaan HokBen di Banjarmasin saya dihubungi oleh penyelenggara acara untuk menghadiri pembukaan restoran HokBen melalui dm di instagram, tentu saja ajakan ini saya iyakan, karena sudah lama sekali ada event blogger seperti ini tidak dilaksanakan selain itu saya akan kembali bertemu sapa dengan teman-teman blogger di Banjarmasin, saya juga berkesempatan menyicipi makanan dari HokBen.

Sebenarnya saya sendiri bukan pencinta kuliner tapi kalau bicara mengenai makanan sehat dan halal saya bisa menjadi pendukung pertama, karena itu ada kegembiraan sendiri bagi saya yang dulu hanya pernah mendengar istilah HokBen dan kadang hanya bisa ngiler sendiri melihat di timeline medsos orang lain. Karena HokBen selain dikenal enak, kualitas masakannya juga terjaga dengan baik.

Undangan acara sekaligus letak HokBen Banjarmasin ada di Duta Mall lantai 1, dan restoran ini akan resmi mulai beroperasi pada tanggal 10 Maret 2023, hanya saja saya mendapat undangan pembukaan di tanggal 9 Maret.

Saya dan sekitar 15 blogger hadir di acara itu pada sekitar jam 2 siang, yaitu tepat pada saat talkshow dimulai, acara dibuka dengan hadirnya MC ditengah acara sekaligus memperkenalkan jargon HokBen, Yaitu Pasti Halal Pasti Aman, yap, jargon ini memang bukan main-main, karena narasumber yang dihadirkan adalah yaitu Pak Khairul selaku manager HokBen wilayah Kalimantan, dan juga dari MUI yaitu ibu Lia, jadi beliau ini yang mengurus sertifikasi halal di Banjarmasin.

Sebelum masuknya Pak Khairul sebagai pembicara pertama, kami disuguhkan dengan video mengenai sejarah berdirinya HokBen hingga menjadi seperti sekarang, yang baru saya ketahui, ternyata HokBen sudah ada sejak 1985, tepatnya yaitu pada tanggal 8 April, dan hingga sekarang HokBen sudah membuka cabang hampir di seluruh Indonesia dan pada 9 Maret ini juga HokBen resmi berdiri di Banjarmasin.

Bapak Khairul selaku area manager HokBen wilayah Kalimantan

Pak Khairul selaku area manager di wilayah kalimantan menjelaskan bahwa HokBen merupakan restoran asli Indonesia yang bergaya jepang, (jujur saja, saya sendiri dari dulu mengira HokBen merupakan restoran asli jepang yang membuka cabang di Indonesia), lebih lanjut beliau memaparkan jika HokBen Banjarmasin adalah cabang ke 350 dan merupakan cabang kedua di Kalimantan, selanjutnya HokBen akan membuka lebih banyak lagi di kota-kota besar Kalimantan.

Terkait makanan halal dan sertifikasinya, HokBen tentu saja sangat mengutamakan hal tersebut, karena melihat kekhawatiran masyarakat kita yang sebagian besarnya beragama islam, apalagi restoran ini bergaya jepang.

Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Lia Agustina, STP. MSi selaku Kepala Bidang Audit LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Selatan, beliau menjelaskan LPH MUI bertugas untuk menetapkan sertifikat halal pada sebuah produk makanan, dan agar bisa mendapatkan sertifikasi halal tersebut hanya memerlukan waktu sekitar 15 hari.

Bagi saya terdengar cukup mudah, tapi beliau kembali menjelaskan bahwa ada 11 tahapan yang harus dilalui agar sertifikat halal tersebut bisa didapatkan, proses tersebut meliputi produknya sendiri, proses produksi, edukasi mengenai makanan halal, dan seterusnya, dari sini saya memahami bahwa mendapatkan sertifikasi halal tidak semudah yang saya bayangkan dimana kita tinggal tanda tangan saja, tapi ada proses tertentu yang harus dilalui. Dan menariknya HokBen bisa mendapatkan Grade A, karena memang menurut Ibu Lia HokBen memang berdedikasi dengan kualitas kehalalan produk makanannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan dilanjutkan dengan kuis berhadiah voucher senilai 100 ribu rupiah bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari MC, jangan tanya saya ikut menjawab atau tidak, tentu saja tidak, hehe.

Tapi ada satu hal yang menjadi perhatian saya, yaitu ketika ada pertanyaan terakhir mengenai bahan plastik yang digunakan oleh HokBen, ternyata selama ini HokBen menggunakan 10 plastik mika bekas  HokBen yang didaur ulang atau disebut dengan eco roster, jadi saat ini sudah ada sekitar 12 gerai HokBen yang menggunakan eco roster hal ini menurut saya menjadi sangat menarik bagi aktivis go green. Dan menurut press release yang saya baca, sampai sekarang HokBen sudah mengolah sekitar 12.380 sampah plastik mika.

Acara akhirnya ditutup dengan foto bareng bersama narasumber dan teman-teman blogger sekaligus penyerahan goodie bag yang kiranya sangat ditunggu peserta, dan sekaligus juga dari kami mendapatkan masing-masing 1 porsi Hokben dengan menu Bento Special 1.

HokBen Banjarmasin
Foto Bersama Narasumber dan Blogger Undangan dari Banjarmasin

Bagi teman-teman di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya, apalagi yang suka makan tidak ada salahnya icip-icip menu yang ada di HokBen, karena selama masa pembukaan HokBen Banjarmasin bakalan ada souvenir beserta promo menarik silahkan disave :

Souvenir berlaku untuk 50 pembeli pertama untuk pembelian 2 Bento special (Bento 1 dan 4)

tanggal :

10, 13, 16 Maret 2023 : Payung

11, 14, 17 Maret 2023 : Bantal

12, 15, 18 Maret 2023 : Tumbler

19 Maret 2023 : Free Voucher maka Hokben 1 tahun senilai 800.000 rupiah setiap transaksi minimal 200.000 rupiah

20 Maret 2023 - 7 April 2023 : Lucky Dip, yaitu hadiah menarik setiap transaksi minimal 100.000 rupiah

10 Maret 2023 - 31 Maret 2023 : Harga khusus setiap pembelian Paket HokBen Fried Chicken 2pcs + Nasi + Teh Botol Sosro dari 61.000 rupiah menjadi 42,000 rupiah, sudah termasuk pajak



Yang Punya Blog

imam / Author & Editor

Pria asal Banjarmasin, sebuah kota berjuluk Seribu Sungai || Memiliki hobi Membaca, Mendengarkan Musik dan Nonton film kekinian || email : catatansimpel@gmail.com

1 komentar:

Powered by Blogger.